Selasa, 12 November 2019

STOMATITIS (SARIAWAN)

Stomatitis atau yang biasa dikenal dengan sariawan berasal dari Bahasa Yunani, stoma yang berarti mulut dan itis yang berarti inflamasi (radang). Stomatitis adalah inflamasi lapisan mukosa dari struktur apa pun pada mulut; seperti pipi, gusi (gingivitis), lidah (glossitis), bibir dan atap atau dasar mulut. Kata stomatitis sendiri secara bahasa berarti inflamasi pada mulut. Inflamasi dapat disebabkan oleh kondisi mulut itu sendiri (seperti oral hygiene yang buruk, susunan gigi yang buruk), cedera mulut akibat makanan atau minuman panas, atau oleh kondisi yang memengaruhi seluruh tubuh (seperti obat-obatan, reaksi alergi, atau infeksi).

Sumber Gambar

Gejala dan Penyebab Stomatitis
Stomatitis ditandai dengan luka yang muncul di dalam mulut. Luka tersebut umumnya berwarna putih dan dapat membengkak. Gejala stomatitis yang muncul biasanya tidak parah dan dapat pulih tanpa pengobatan medis dalam waktu satu hingga dua minggu
Stomatitis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:
  • Kondisi medis tertentu, infeksi virus.
  • Cedera pada lapisan dalam mulut.
  • Efek samping dari obat atau metode pengobatan.
  • Perubahan hormon dan beberapa faktor lainnya.
Pengobatan Stomatitis
Stomatitis umumnya dapat pulih dengan sendirinya. Akan tetapi, penderita dapat melakukan penanganan secara mandiri untuk mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan yang dialaminya seperti menggunakan sedotan, mengindari pemicu sariawan, dan menghindari makanan yang pedas.
Jika pengobatan mandiri tidak dapat menangani stomatitis, maka dokter dapat memberikan penderita obat pereda nyeri, obat kortikosteroid, obat antimikroba dan obat-obatan lainnya sesuai dengan kondisi pasien.

Pencegahan Stomatitis
Stomatitis dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya:
  • Menjaga kebersihan mulut.
  • Memeriksakan kondisi gigi dan mulut secara teratur ke dokter gigi.
  • Berhenti merokok.
  • Melakukan kegiatan penunjang untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Sumber : wikibuku, alodokter
               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar